Kemenhub seleksi pramudi dan awak sarana perkeretaapian teladan

memotivasi dan meningkatkan kinerja awak kendaraan angkutan umum

Jakarta (ANTARA) – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan seleksi terhadap pramudi dan awak sarana perkeretaapian teladan serta operator angkutan umum terbaik di wilayah Jabodetabek tahun 2024.

“Ini dalam rangka pembinaan keselamatan lalu lintas dan angkutan orang di jalan dan rel serta memotivasi dan meningkatkan kinerja awak kendaraan angkutan umum,”¬†kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPTJ Kemenhub Tatan Rustandi dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Tatan menyampaikan bahwa para pramudi atau masinis terpilih akan mendapat penghargaan berupa plakat, piagam dan uang pembinaan.

Tatan menyampaikan bahwa seleksi melibatkan Tim Penilai yang terdiri dari BPTJ, Ditjen Perhubungan Darat, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA), Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Korlantas Polri, PT. Jasa Raharja, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), dan Dewan Pimpinan Pusat Organda.

“Setidaknya ada 16 perusahaan atau operator yang bergerak di bidang angkutan jalan dan empat operator di bidang perkeretaapian yang akan diseleksi”, jelas Tatan.

Baca juga: TransJakarta beri penghargaan kepada pramudi dan operator terbaik

Baca juga: TransJakarta gelar pelatihan keselamatan berkendara pramudi

Penilaian operator angkutan umum terbaik dibagi menjadi empat kategori, yaitu Kategori Pelayanan Prima Jabodetabek Residence Connexion (JRC), Kategori Pelayanan Prima Jabodetabek Airport Connexion (JAC), Kategori Pelayanan Prima Taksi, dan Kategori Pelayanan Prima Angkutan Sewa Khusus (ASK).

Selain itu, Tatan menambahkan bahwa untuk penilaian pramudi dan ASP teladan terdiri dari empat kategori, yaitu pramudi angkutan umum jenis mobil bus, pramudi angkutan umum jenis mobil penumpang umum (MPU) untuk pelayanan taksi, pramudi angkutan umum jenis mobil untuk pelayanan ASK, dan ASP atau masinis.

Setiap peserta yang mendaftar harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Para pramudi dan ASP teladan yang diusulkan harus memenuhi persyaratan yaitu diusulkan dari perusahaan baik yang berbasis jalan maupun rel.

Kemudian, dapat membaca dan menulis, tidak buta warna, bekerja pada perusahaan angkutan umum/operator minimal 1 (satu) tahun, dan belum pernah menjadi pemenang penghargaan Pramudi/Masinis di wilayah Jabodetabek.

Seleksi akan dilakukan pada tanggal 26-27 Juni 2024 di Jakarta guna mengukur pengetahuan dan kompetensi dari peserta.

Tahapan yang akan dilalui oleh para peserta terdiri dari seleksi tes tertulis selama 60 menit. Seleksi yang dilakukan menerapkan sistem gugur. Dilanjutkan dengan penilaian wawancara selama kurang lebih 15 menit.

“Dan tes lapangan berupa praktek untuk menguji kemampuan keterampilan pengemudi dengan mengedepankan aspek keselamatan,” ungkap Tatan.

BPTJ secara berkala telah memberikan apresiasi kepada para pramudi dan masinis di wilayah Jabodetabek sejak tahun 2017 dengan total penyelenggaraan sebanyak lima kali.

“Hal ini sebagai wujud implementasi penerapan PP Nomor 37 Tahun 2017 tentang Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” kata Tatan.

Baca juga: Pakar ingatkan orang-orang pakai sabuk keselamatan di angkutan umum

Baca juga: Menhub minta pengawasan aspek keselamatan transportasi diperketat

Baca juga: Kereta Commuter ajak masyarakat jaga keselamatan perjalanan kereta api

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *