PDIP siapkan kader hingga jalin kerja sama parpol pada Pilkada Jateng



Jakarta (ANTARA) – PDI Perjuangan menyiapkan kader internal hingga menjajaki kerja sama dengan partai politik lain pada Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Jawa Tengah tahun 2024.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan partainya memiliki banyak stok kader yang memiliki basis dukungan besar di Jateng.

“Misalnya, ada Mas Hendi (Hendrar Prihadi), itu Wali Kota Semarang dua periode, itu bagus. Kemudian ada Pak Jekek (Joko Sutopo), itu dari (Bupati) Wonogiri yang kepemimpinannya sangat mengakar. Ya, cukup banyak tokoh-tokoh yang kami miliki,” kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Kamis.

Meski begitu, dia menegaskan PDIP masih terus mengkaji nama-nama yang muncul dari bursa calon gubernur dan wakil gubernur Jateng 2024. Dalam konteks ini, Hasto memastikan PDIP akan membangun kerja sama dengan partai politik lain.

Baca juga: Analis: PDI Perjuangan harus angkat tokoh muda hadapi Pilkada Jateng

Menurut Hasto, PDIP sudah membangun komunikasi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Ia pun menjelaskan alasan PDIP melobi dua partai politik tersebut. “Karena sebelumnya wakil Pak Ganjar (mantan Gubernur Jateng) itu, Gus Yasin, itu juga dari PPP. Jadi, dengan PKB itu kan juga dari pemilu kemarin ada progres kenaikan kursi yang sangat positif,” jelasnya.

Sebelumnya, Parameter Politik Indonesia melakukan survei untuk tiga kandidat pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jateng 2024 pada 15 hingga 21 Mei 2024.

Hasilnya, pasangan Dico Ganinduto-Raffi Ahmad menjadi duet dengan elektabilitas tertinggi untuk Pilkada Jateng 2024.

Dico merupakan kader Partai Golkar, sementara Raffi Ahmad merupakan selebritas yang kerap menunjukkan kedekatan dengan Jokowi.

Sementara untuk pasangan calon Hendrar Prihadi-Taj Yasin Maimoen memiliki tingkat elektabilitas sebesar 26,5 persen. Hendrar merupakan kader PDIP, sedangkan Taj Yasin merupakan tokoh Nahdlatul Ulama.

Baca juga: PDIP turunkan rekomendasi dan pelatihan calon kandidat di Pilkada 2024

Baca juga: Survei: Elektabilitas tokoh PDIP jelang Pilkada Jateng masih rendah

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *