Sport  

Indonesia U-23 Melaju ke Semifinal Piala Asia U-23!

Indonesia U-23 Melaju ke Semifinal Piala Asia U-23!

Liputanwaktu.com Indonesia U-23 Melaju ke Semifinal Piala Asia U-23! – Timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan dramatis atas Korea Selatan U-23 dalam serangkaian adu penalti yang ketat dengan skor akhir 11-10. Pertandingan ini berlangsung sengit selama 120 menit, berakhir dengan hasil imbang 2-2. Keberhasilan ini terjadi pada perempat final Piala Asia U-23 2024, pada dini hari WIB tanggal 26 April 2024.

Hasil gemilang ini membawa Tim Garuda Muda melangkah menuju semifinal Piala Asia U-23 tahun ini. Di babak empat besar, yang akan digelar di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, pada tanggal 29 April mendatang, Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi pemenang dari pertandingan antara Uzbekistan atau Arab Saudi.

Kepastian lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 menjadi momen istimewa bagi Timnas Indonesia U-23. Ini karena kemenangan tersebut membawa mereka satu langkah lebih dekat untuk berkompetisi di Olimpiade 2024 Paris. Tim Garuda Muda berpotensi menjadi salah satu dari tiga tim terbaik secara otomatis, atau mereka bisa juga melalui babak playoff dengan menghadapi wakil dari Afrika, Guinea.

Dalam pertandingan di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Timnas Indonesia U-23 menunjukkan performa yang mengesankan dengan mampu menyaingi permainan dari tim tangguh seperti Korea Selatan. Bahkan, serangan yang dilancarkan oleh pemain-pemain Tim Merah-Putih beberapa kali membuat barisan belakang Korea Selatan kesulitan.

Jalannya Pertandingan Piala Asia Indonesia U-23

Jalannya Pertandingan Indonesia U-23

Dalam duel yang berlangsung selama delapan menit, Timnas Korea Selatan U-23 mencatatkan gol pertama. Sepakan keras Lee Kang-hee dari luar kotak penalti membobol gawang Tim Garuda Muda, namun kegembiraan mereka pupus saat gol tersebut dianulir oleh wasit setelah melihat ulang VAR, karena satu pemain Taegeuk Warriors terjebak offside. Dengan skor tetap 0-0, kedua tim bermain imbang.

Namun, pada menit ke-15, Timnas Indonesia U-23 berhasil mencetak gol melalui tendangan indah Rafael Struick, yang membuat mereka memimpin. Meskipun Korea Selatan meningkatkan tekanan mereka, upaya mereka selalu dimentahkan oleh pertahanan Indonesia.

Marselino Ferdinan hampir mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-32, tetapi sepakannya melenceng dari sasaran. Namun, pada menit ke-45, Korea berhasil menyamakan skor melalui sebuah sundulan Eom Ji-sung yang mengenai Komang Teguh. Tapi, Rafael ‘El Klemer’ Struick langsung membalas dengan mencetak gol kedua untuk Indonesia pada menit ke-45+3.

Di babak kedua, Korea Selatan langsung menekan, tetapi pertahanan Indonesia tetap solid. Pada menit ke-70, Korea Selatan harus bermain dengan 10 pemain setelah Lee Young-jun dikeluarkan kartu merah karena tekel keras kepada Justin Hubner, setelah VAR membatalkan kartu kuning awalnya.

Pada menit ke-84, Korea Selatan berhasil menyamakan skor melalui Jeong Sang-bin. Skor tetap 2-2 hingga akhir waktu normal. Dengan tidak adanya pemenang, pertandingan dilanjutkan ke waktu tambahan.

Babak Tambahan dan Adu Penalti Timnas Indonesia U-23

Babak Tambahan dan Adu Penalti Timnas Indonesia U-23

Di babak tambahan, semangat Timnas Indonesia U-23 berkobar-kobar dalam menerjang pertahanan lawan. Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, dan Ramadhan Sananta beraksi dengan gemilang, menciptakan sejumlah peluang emas. Namun, sayangnya, meskipun peluang itu begitu berharga, tidak satupun yang berhasil berbuah gol. Di sisi lain, Timnas Korea Selatan U-23 lebih banyak bermain bertahan, sesekali melancarkan serangan balik tajam.

Hingga kedua babak tambahan usai, skor masih menggantung di angka 2-2. Pertandingan harus dilanjutkan dengan adu penalti untuk menentukan siapa yang akan keluar sebagai pemenang. Di babak adu penalti, Timnas Indonesia U-23 akhirnya berhasil menundukkan Timnas Korea Selatan dengan skor tipis 11-10. Dari 12 eksekutor penalti Tim Garuda Muda, hanya Arkhan Fikri yang tidak mampu mengonversi tendangan menjadi gol. Sementara dari pihak Korea Selatan, Kang Sang-yoon dan Lee Kang-hee gagal mengubah tendangan mereka menjadi gol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *